KASUR ANTI DECUBITUS

KASUR DECUBITUS - KASUR ANTI DECUBITUS - ANTI-DECUBITUS MATTRASS




Pasien yang terus menerus berbaring di tempat tidur biasanya akan mengalami luka lecet, yang disebut decubitus. 
Luka lecet ini akibat tekanan anggota tubuh terhadap permukaan tempat tidur. Untuk mencegah terjadinya decubitus, 
diperlukan kasur tambahan khusus yaitu Kasur Angin / Kasur Anti-Dekubitus [anti-decubitus mattrass] 
yang diletakkan diatas kasur standar tempat tidur itu sendiri.


Decubitus mempunyai banyak sebutan. Antara lain ada yang menamakan: dekubitus, 
kasur dekubitus, anti dekubitus, kasur anti decubitus, kasur anti dekubitus, decubitus mattress, anti decubitus mattress, 
kasur anti borok, kasur pencegah borok, kasur bergelombang, kasur bergelombang udara, dan lain-lain sebagainya.




Kasur Angin ini dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga kecil untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. Kasur Angin ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.



Gelembung kasur akan mengempis pada bidang yang tertindih anggota tubuh, contoh apabila pasien sedang miring ke kanan maka tekanan udara pada sisi kanan pasien akan turun sedangkan bidang kasur yang tidak tertindih tetap menggelembung, begitu sebaliknya. Selain itu untuk mencegah decubitus maupun kekakuan otot pada anggota tubuh, diperlukan gerakan terapi sederhana seperti memiringkan tubuh pasien ke kiri dan ke kanan atau gerakan menggosok punggung. Untuk menggosok punggung bisa juga menggunakan cream atau lotion ringan yang tidak mengandung alkohol, disesuaikan dengan kesehatan dan kondisi kulit pasien.

Fungsi Anti Decubitus adalah mencegah terjadinya borok atau luka di bagian tubuh pasien yang berbaring lama dan tidak digerak-gerakan.Biasanya bagi pasien stroke,koma dan lain-lain, kita semua pendapat bahwa penyakit utamanya saja belum sembuh, jangan ditambah lagi luka yang bisa berinfeksi atau tambahan penyakit baru bagi pasien.
Borok tempat tidur atau dikenal dengan istilah decobitus atau bed sores merupakan borok terbuka dan manahun pada penderita sakit berat (biasanya berusia lanjut, kurus, dan lemah) yang tidak mampu untuk menggerakkan / memutar posisi tubuhnya.
Luka-luka terbentuk pada bagian-bagian tubuh yang tulangnya menonjol sehingga kulit tertekan oleh tempat tidur dan tubuh. Biasanya borok ini ada di bokong, punggung, kedua belah siku, dan kaki.

CARA MENCEGAH BOROK TEMPAT TIDUR ADALAH :


- Membalikkan tubuh penderita setiap beberapa jam sekali, yatiu dengan posisi telentang, telungkup, atau dari sisi satu ke sisi lainnya 
_secara bergantian.
- Mandikan setiap hari si penderita dan gosok kulitnya dengan minyak bayi (baby oil).
- Selanjutnya adalah menggunakan seprei dan kasur yang lunak. Tukar dengan yang bersih setiap terkena kotoran (muntah, kencing, 
_dan sebagainya).
- Letakan posisi tubuh sedemikian rupa, misalnya dengan mengganjal tubuh penderita dengan bantal pada bagian tertentu untuk
_menghindari gesekan tulang dengan kasur secara langsung dan sering.


TIPS PERAWATAN KASUR ANTI DECUBITUS :

- Pompa udara dinyalakan terlebih dahulu hingga tekanan kasur penuh merata sebelum pasien dibaringkan;
- Kasur cukup dilap hingga kering, jika terkena keringat / cairan;
- Agar mesin pompa udara terawat baik & bekerja optimal disarankan secara berkala dimatikan saat pasien tidak berbaring di atasnya.
- Untuk menjaga tegangan arus listrik sekaligus agar kinerja mesin pompa udara awet, disarankan memakai stabilizer listrik.



Kami menyewakan kasur anti decubitus untuk perawatan pasien di rumah

Sewa kasur anti decubitus   Rp 500,000 / Bulan


Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut

     Anda dapat menghubungi kami dengan Contact Person:

Ø Ridwan Widiantoko
0896 7054 7960 ( WA )
0895 3678 82725